BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Manusia sebagai makhuk yang berpikir
dibekali rasa ingin tahu.Rasa ingin tahu inilah yang mendorong untuk mengenal,
memahami dan menjelaskan hal – hal yang bersifat alamiah dengan menggunakan
teori pembuktiannya.Dari dorongan dan rasa ingin tahu serta usaha untuk
memehami masalah menyebabakan manusia dapat mengumpulkan berbagai sumber –
sumber pengetahuan yang didiapatnya melalui berbagai cara seta
tahapan.Pengetahuan yang dimiliki mula – mula terbatas pada hasil penganmatan
terhadap bagaimana manusia itu,kemudian semakin berkembang seiring dengan
perkembangan zaman diera modern ini.Kemudia semakin bertambah dengan
pengetahuan yang diperoloh dari hasil pemikirannya.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang
dibahas dalam makalah ini terinci
sebagai berikut.
1.Apa yang
dimaksud dengan teori evolusi menurut IPA ?
2.Apa dan
bagaimanakah yang dimaksud dengan perkembangan aseksual dan seksual ?
3.Bagimanakah
asal – usul manusia menurut Darwin ?
4.Bagaimanakah
rekayasa reproduksi menurut islam?
C. Tujuan Penulisan
1.
Untuk
mengetahui apa itu pendidikan agama islam.
2. Untuk mengetahui
apa itu lingkungkungan keluarga.
3. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan
agama islam.
4. Untuk mengetahui upaya yang dapat
meningkatkan pendidikan agama islam dalam lingkungan keluarga.
BAB II
PEMBAHASAN
A.TEORI EVOLUSI DAN REPRODUKSI MENURUT IPA
A.Teori Evolusi
Teori evolusi menjawab pertanyaan
mengapa terjadi evolusi?
1.
Teori
Lamarc ( 1744 – 1829 )
Menurut Lamarc evolusi terjadi
karena adaptasi,sedangkan adaptasi timbul karena diinginkan,yaitu perubahan
struktur atau bentuk yang terjadi karena adanya keinginan yang dari
dalam untuk menghadapi perubahan lingkungan.Menurutnya, tingkat perkembangan
suatu organ sebanding dengan penggunaanya dan ada yang diperolah atau diubah
pada individu dalam masa hidupnya adalah kekal, dan bilamana terdapat dalam dua
jenis kelamin, sifat itu akan diturunkan.
2.Teori Darwin ( 1809 – 1882 )
Menurutnya oranisme sesuai dangan
lingkungannya dalam proses evolusi dan proses ini dikendalikan
oleh seleksi alam.
Teori
pokok Darwin menyatakan bahwa :
a.
Spesies
yang hidup sekarang berasal dari spesies yang hidup pada masa lamlpau.
b.
Evolusi
terjadi melalui seleksi alam.
3.Teori Darwin – Wiesmann
Wiesmann
melengkapi teori Darwin dengan pernyataan sebagai berikut :
a.
Evolusi
merupakan masalah genetika yaitu menyangkut masalah bagaimana diwariskan gen –
gen melalui sel – sel kelamin.
b.
Sel
– sel tubuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Jadi evolusi adalah gejala
seleksi alam
4.Teori De Vries
De Vries merupakan seorang
bontanikus Belanda,mengungkapkan teorinya bahwa perubahan pada evolusi
disebabkan oleh adanya mutasi gen.Mutasi adalah perubahan sempurna yang tumbuh
dalam gen dan mengakibatkan adanya perubahan sifst dan keturunannya.
B. Perkembangan Aseksual
Perkembangan aseksual adalah pembentuukan individu baru dari satu induk
tanpa melalui hubuungan antara dua sel
kelamin, yang termasuk perkembangbiakan aseksual antara lain :
1.
Pembelahan
kembar
sel membelah menjadi dua sel
anak,yang mempunyai jumlah sitopalasma yang sama.Terdapat pada hamper semua
tumbuhan dan hewan ber sel satu.Misalnya pada amoeba dan bakteri.
2.
Kuncup
Cara ini terdapat baik pada tumbuhan
maupunn hewan.Misalnya pada bintnag bunga karang
3.
Pembentukan
spora
Spora adalah sel kecil dan dilputi
dinding selulosa yang keras. Spora dibentuk dari inti makhuk hidup ber sel
satu. Inti ini akan membelah menjadi banyak inti. misalnya pada jamur roti.
4.
Perkembangbiakan
vegetatif
perkembang biakan vegetatif ialah perkembangsn melalui salah satu organ
dari tubuh makhluk hidup yang berfungsi untuk reproduksi.Organ itu antara lain
akar, batang, daun dan umbi.Contohnya dengan stek batang, stek daun, dan
cangkok.
C. Perkembangbiakan seksual
Cara ini berlaku baik pada tumbuhan maupun
hewan,yang terjadi bila dua sel kelamin bersatu.Dengan cara aseksual dapat
dihasilkan banyak variasi dari sifat pada individu baru.Contoh AaBb
keturunannya adalah AABB,AaBB,AAbb,aabb.Dua sel kelamin yang menjdi satu
dikenal sebagai prosese pembuahan.Sel – sel ini disebut gamet dan hasil
peleburan gamet disebut zygot.
D. Asal – usul manusia
Manusia merupakan makhluk hidup yang
mempunyai derajat paling tinggi dan berakal budi. Untuk mengetahui asal – usul
manusia, kita harus kita harus
mampelajari fosil – fosil yang ada dibumi.
Pada tahun 1871 Darwin menerbitkan
buku The Descent Of Man tentang asal
–usul manusia. Pada masa Darwin,fosil masih belum merupakan bahan penelitian
yang meyakinkan. Darwin mencari hubungan kekerabatan antara manusia dengan
primata ( ordo dari klasifikasi manusia ). Kaki manusia yang lebih panjang dari
pada lengannya merupakan suatu hal yang membedakan manusia dengan primata.Kaki
manusia mempunyai lekukan besar dengan ibu jari yang sebidang dengan jari –
jari lainnya sangat berbeda dengan kaki kera. Kaki manusia dapat digunakan
untuk berjalan atau berlari,tetapi tidak dapat digunakan untuk berpegangan pada
dahan – dahan pohon.
Kepala manusia terletak pada
tulang belakang sehingga memungkinkan
manusia dapat melihat lurus kedepan jika berdiri tegak. Ciri – cirri manusia lainnya
adalah muka yang tegak lurus ,rahang yang tidak begitu menonjol,hidung yang
jelas dan bibir yang mempunyai selaput lendir dan bagian luar. Otak manusia
relative besar. Manusia sekarang mempunyai volume otak 1200 – 1500 cc, sedangkan
sipanse hanya 350 – 450 cc. tidak ada hubunga mutlak antara beasarnya volume
otak dengan kecerdasan. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa gorila dan
sipanse mempunyai hubungan kekerabatan yang erat dengan manusia.
B. TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI MENURUT ISLAM
Darwin dalam bukunya On The Origin Of Spesies yang terbit di
inggris tahun 1959 M. Berusaha
mengetengahkan sebuah teori mengenai asal usul spesies melalui seleksi
alam.Darwin berusaha menemukan mekanisme,bawa satu spesies dapat berubah
menjadi spesies lain.Pengikut Darwin yang paling ekstrim menjadi
Darwinisme,mereka menganggap mekanisme Darwin sebagai acuan bahwa amnesia
adalah keturunan kera.
Atas Darwinisme tersebut, P.P. Grase
dalam bukunya L’homme Accusation I (
manusia sebagai tertuduh ) berusaha mencari bukti kebenaran Darwinisme dan
pengikutnya melalui penelitian secara teliti dsn mengumpulkan pendapat tentang
perbedaan antara monyet dan kera dank era dengan siamang,perbedaaan antara
siamang dan gorilla dan perbedaan gorilla dengan manusia, baik secara
fisiologis anatomis mauoun biologis.Akhirnya P.P. Grasse menyimpulkan bahwa
manusia dan kera berbeda.Dengan kata lain , pendapat Darwin , bahwa manusia
merupakan keturunan kera itu tidak terbukti.
Akhirnya Al – qur’anlah yang mampu
memberikan jawaban atas pertanyaan “ dari mana manusia bersal ? ,bagaimana
manusia di ciptakan ? bagaimana ia
berkembang sehingga memiliki daya dan keagungan rohani yang
membedakannya dengan makhluk lain ? “.
Sejak 14 abad yang lalu, Al – qur ‘an telah menegaskan bahwa
manusia bukanlah keturunan kera.Manusia pertama (Adam ) diciptakan oleh Allah
dari tanah. Manusia terdiri atas materi
dan roh, diciptakan dari tanah kemudian menjadi lumpur hitam yang diberi
petunjuk lalu menjadi tanah kering seperti tembikar dan disempurnakan
bentuknya.Allah meniupkan roh ( ciptaannya ), maka terciptalah Adam as, sesuai
dengan firman Allah SWT didalam Al – qur’an :
øÎ)ur tA$s% y7/u Ïps3Í´¯»n=yJù=Ï9 ÎoTÎ) 7,Î=»yz #\t±o0 `ÏiB 9@»|Áù=|¹ ô`ÏiB :*yJym 5bqãZó¡¨B ÇËÑÈ #sÎ*sù ¼çmçF÷§qy àM÷xÿtRur ÏmÏù `ÏB ÓÇrr (#qãès)sù ¼çms9 tûïÏÉf»y ÇËÒÈ
Artinya : Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman
kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku akan menciptakan seorang manusia
dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk,
.Maka apabila
aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh
(ciptaan)-Ku, Maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.( Q.SAL – Hijr : 28
– 29 )
Dimaksud dengan sujud di sini bukan menyembah,
tetapi sebagai penghormatan.
Dengan penciptaan seperti itu ,manusia dibedakan
dari seluruh makhluk lainnya. Manusia memiliki kesamaan dengan hewan dalam
sebagian besar karakteristik,dorongan emosi untuk mempertahankan diri,serta
kemmpuan untuk memahami dan belajar.Namun ia berbeda dengan hewan dari
karakteristik rohnya yang membuanya cenderung mencari Allah dan menyembahnya.
Asal mula tubuh manusia adalah dari tanah.
Hal ini disebutkan dalam firman Allah SWT :
ª!$#ur /ä3tFu;/Rr& z`ÏiB ÇÚöF{$# $Y?$t7tR ÇÊÐÈ §NèO ö/ä.ßÏèã $pkÏù öNà6ã_Ìøäur %[`#t÷zÎ) ÇÊÑÈ
Artinya : Dan
Allah menumbuhkan kamu dari tanah dengan sebaik-baiknya,
.kemudian Dia mengambalikan kamu ke dalam tanah dan
mengeluarkan kamu (daripadanya pada hari kiamat) dengan sebenar-benarnya.( Q.S
Nuh : 17 – 18 ).
Didalam
ayat diatas disebutkan bahwa manusia berasal dari tanah dan akan dikembalikan
lagi ke tanah. Manusia tersusun dari dua unsur yakni tubuh kasar dan roh halus.
Dengan tubuhnya, manusia dapat bergerak
dan merasakan segka sesuatu. Menurut Dr.M.Ustman Najati kata rih dalam Al –
qur’an mempunyai berbagai arti.Arti roh yang terdapat dalam Al – qur’an yang
menguraikan penciptaan Adam a.s adalah roh ciptaan Allah yang membuat manusia
siap untuk mempunyai sifat yang kuhur dan mengikuti kebenaran. Ia adalah unsur
tinggi yang didalamnya terkandung kesiapan untuk merealisasikan hal – hal yang paling luhur dan sifat – sifat
yang paling suci, hal ini membuat manusia siap untuk
merencanakan garis – garis yang harus diikutinya
dan menyempurnakan kemanusiaannya dengan bersumber pada nilai dan pengetahuan
yang membuatnya mejadi manusia hakiki.[1]
`ÏB
>pxÿôÜR
¼çms)n=yz
¼çnu£s)sù
ÇÊÒÈ na'urq - Al lamlah
berfirman dA
Artinya : dari
setetes mani, Allah menciptakannya lalu menentukannya ( Q.S Al – Basa : 19 )
Yang dimaksud
dengan menentukannya ialah menentukan fase-fase kejadiannya, umurnya, rezkinya,
dan nasibnya.
Dalam hadist Nabi disebutkan bahwa : “ Sesungguhnya
seorang daintaramu telah dikumpulkan
pada perut ibunya selama 40 hari” ( H.R Mulsim )
Dan Nabi bersabda yang artinya : “ Malaikat itu
memasuki sperma setelah berada dalam rahim selama 40 atau 45 malam.Maka
malaikat itu mengatakan Ya Tuhanku, apakah makhluk ini termasuk orang yang
celaka atau bahagia.Maka kedua masalah itu ditulisnya.Lalu malaikat itu
menyatakan Ya Tuhanku apakah dia laki laki atau perempuan.MAka kedua masalah
itu ditulisnya.Dan ditulis pula amalnya, keakuannya, ajalnya, dan
rezekinya.Kemudian lembaran tulisan itu dilipat lalu tidak ditambah dan
dikurangi”.( H.R Muslim )
Dan
juga dalam surah
$ygr'¯»t
â¨$¨Z9$#
bÎ)
óOçFZä.
Îû
5=÷u
z`ÏiB
Ï]÷èt7ø9$#
$¯RÎ*sù
/ä3»oYø)n=yz
`ÏiB
5>#tè?
§NèO
`ÏB
7pxÿõÜR
§NèO
ô`ÏB
7ps)n=tæ
¢OèO
`ÏB
7ptóôÒB
7ps)¯=sC
Îöxîur
7ps)¯=sèC
tûÎiüt7ãYÏj9
öNä3s9
4
É)çRur
Îû
ÏQ%tnöF{$#
$tB
âä!$t±nS
#n<Î)
9@y_r&
wK|¡B
§NèO
öNä3ã_ÌøéU
WxøÿÏÛ
¢OèO
(#þqäóè=ö7tFÏ9
öNà2£ä©r&
(
Nà6ZÏBur
`¨B
4¯ûuqtGã
Nà6ZÏBur
`¨B
tã
#n<Î)
ÉAsör&
ÌßJãèø9$#
xøx6Ï9
zNn=֏t
.`ÏB
Ï÷èt/
8Nù=Ïæ
$\«øx©
4
ts?ur
ßöF{$#
ZoyÏB$yd
!#sÎ*sù
$uZø9tRr&
$ygøn=tæ
uä!$yJø9$#
ôN¨tI÷d$#
ôMt/uur
ôMtFt6/Rr&ur
`ÏB
Èe@à2
£l÷ry
8kÎgt/
ÇÎÈ
Artinya : Hai manusia, jika kamu dalam keraguan
tentang kebangkitan (dari kubur), Maka (ketahuilah) Sesungguhnya Kami telah
menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal
darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak
sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa
yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan
kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada
kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu
yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya Dia tidak mengetahui lagi
sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. dan kamu Lihat bumi ini kering,
kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu
dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam
tumbuh-tumbuhan yang indah. ( Q. S : Al – Hajj : 5 )[2]
Aspek - Aspek Manusia
Manusia terdiri atas dua aspek : tubuh dan
jiwa.Tubuh yang tidak disertai jiwa
buknlah tubuh manusia tetapi mayat. Adapun jiwa tanpa tubuh bukanlah manusia
melainkan malaikat setan atau jin.Tubuh atau jasmani bersifat materi dapat
silihat, diraba, dan diirasa sehingga wujudnya nyata atau konkrit.Namun tubuh
dinilai lebih rendah dari pada jiwa justru karena sifatnya materi itu, karena
bila seseorang telsh mati, tuubuhnya membusuk, hancur dan akirnya lenyap (
tidak abadi ), sedangkan jiwa atau rohani sifatnya abadi.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
1. Lingkungan
keluarga merupakan media pertama dan utama yang secara langsung berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan
anak didik. Keluarga adalah wadah yang pertama dan utama dalam
pelaksanaan pendidikan agama Islam.
2. .Keluarga
adalah tempat yang utama membentuk pribadi anak,karena orang tua lah yang
mengambil peran penting untuk mendidik dsn mengarahkan.Orang tua sebagai teladan dan motivator.
3. Harus ada upaya yang harus dilakukan
oleh keluarga
guna meningkatkan terciptanya kepekaan
anak tentang pentingnya islam.
B. SARAN
Penulis bersedia menerima kritik dan
saran yang positif dari pembaca. Penulis akan menerima kritik dan saran
tersebut sebagai bahan pertimbangan yang memperbaiki makalah ini di kemudian
hari. Semoga makalah berikutnya dapat penulis selesaikan dengan hasil yang
lebih baik lagi.
DAFTAR PUSTAKA
Al
– ‘Aliyy.Al – qur’an dan terjemahanyya.CV
Diponegoro.Bandung
Drs Mawardi – Ir
Nurhidayat, IAD,IBD,ISD untuk
UIN,STAIN,PTAIS.CV Pustaka Setia.Bandung.2000.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar